KERJASAMA BIDANG TRI DHARMA

Perkembangan sebuah universitas bukan saja dicapai dngan hanya mengandalkan perkuliahan dan sejenisnya, melainkan juga ditunjang oleh publikasi iliah dan kegiatan lainnya yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan sbeuah universitas. Salah satunya ialah melalui kerjasama dalam banyak bidang yang memungkinkan untuk dilaksanakan. Kerjasama tersebut menyangkut pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam bidang lainnya. nHa, untuk itu kita mesti harus selalu meningkatkan kerjasaama kita dengan ebrbagai pihak, termasuk denganpiha luar negeri.

Saat ini kita menjalin kerjasama dengan Jiangsu Vocational institute of Archittectural technology, China, Harapannya tentu kita akan dapat melakukan ba yak kegiatan sebagai akibat dari kerjasama tersbeut, baik dalam bidang penelitian bersama, seminar,  publikasi dan juga  exching professor dan lainnya. Dengan semakin banyaknya kerjasama dengan berbagai leb=]mbaga kiat berharap akan semakin memungkinan bagi kita untuk mengembangkan banyak bidang dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat tidak saja bagi institusi melainkan juga bagi masyarakat secara umum.

Untuk itu kita berharap kepada para dekan dan seluruh warga kampus untuk dapat memangfaatkan  kerjasama ini  untuk membuat program kerja dan pelaksanaanya, terutama dalam hal pengembangan keilmuan dan riset dalam bidang bidang yang memungkinkan. Sesungguhnya kita juga sudah banyak menjalin kerjsama dengan banyak pihak dan universitas di negera lain, namun kenyataannya sampai saat ini belum banyak yang memenfaatkannya untuk pengembangan diri dan ilmu pengetahuan yang kita kembangkan.

Kita memang menyadari bahwa  keterbatasan dana menjadi salah satu penyebab kurangnya kegiatan yang dirintis untuk kerja sama tersebut, namun jika kita memang serius pasti ada jalan untuk mendapatkan kegiatan tersebut. Selama ini kita memang kurang inisiatif untuk menjalin kerja sama dengan banyakmpihak yang menyediakan  anggaran, meskipun sesungguhnya cukup banyak pihak yang bersedia menyediakan anggaran untuk melakukan sbeuah riset, asalkan hasilnya dapat memebrikan kontribusi nyata bagi penyandang dana etrsebut dan tentu juga  keilmuan.

Kita juga sudah menjalin kerja sama dengan banyak lembaga, termasuk pemerintah daerah yang sangat emmbutuhkan uluran tangan kita terutama dalam mengahsilakn riset kebijakan yang sangat dinantikan oleh mereka. Disamping itu banyak hal yang mesti dibantu oleh kita, terkait dengan penyediaan naskah akademik dalam banyak hal yang akan memperkuat posisi pemerintah dalam menjalankan sebuah  kebijakan tertentu. Selama ini kita  hanya bergerak jika ada permintaan semata, dan kita kurang berinisiatif untuk menawarkan ide bagus untuk pemerintah dalam  mensejahetrakan rakyatnya.

Memang  lembaga kita bukan lembaga ristet, melainkan lembaga pendidikan, akan tetapi lembnaga pendidikan ini tidak akan pernah lepas dari riset, karena riset memang menjadi salah satau tugas pokok yang harus dijalankan oleh universitas, disampng dua lainnya yakni pendidikan dan pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu sangat tepat dan relevan jika kita juga  mau menjalankan kegiatan riset dan sekaligus sebagai bentuk pengabdian kita kepada masyarakat melalui pemerintah daerah.

Nah, kali ini kita sedang menandatangi memorandum of understand  dengan perguruan tinggi di China. Tentu  kesempatan ini merupakan  kesempatann yang sangat bagus untuk menawarkan berbagai kegiatan yang dapat dijalankan mengiringi MoU tersebut. Kita dapat mendiskusikan berbagai hal terkait tindak lanjut dari MoU ini  karena pihak  Jiangsu  akan secara langsung merespon usulan kita dan  menjalankan tindak lanjutnya. Kita tidak usah merasa rendah dengan kondisi  kerjasama ini, karena kita sama saama  dalam posisi dan kita dapat mengusulkan banyak rencana kegiatan yang memungkinkan untuk dijalankan.

Jika pada kesempatan diskusi kali ini tidak memungkinkan bagi kita untuk merencanakan  program, kita dapat menyusulkannya pada waktu yang akan dating asalkan tidak terlalu lama jedanya. Untuk itu kita berharap semua pihak dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk  mengembangkan prodi di  lingkungan kita sehingga  akan semakin  mendapatkan kepercayaan masyarakat dan sekaligus dapat meningkat akreditasinya.

Bidang  exching dosen misalnya, kita belum banyak melakukannya, namun  kita harus mencoba untuk mempraktekkannya  sesuai dengan bidang keilmuan yang kita miliki. Mungkin kalau tidak dengan Jiangsu ini juga kita dapat merencanakannya dengann universitas lainnya yang sesuai dnegan prodi yang kita kembangkan. Sudah saatnya kita harus  lebih gesita dalam melaksanakan program dan merencanakan  banyak hal yang memungkinkan kita laksanakan, terutama yang kita kerja samakan dnegan pihak lain.

Barangkali ke depannya kita juga mengandlkan kepada para mahasiswa untuk melaksanakan program pertukaran mahasiswa dalam bidang budayya yang ada di masing masing  Negara dan memperkenalkannya dengan baik. Itu merupakan bagian penting dalam menjalankan misi budaya bangsa kita kepada pihak lain. Sudah barang tentu kita memang harus menyiapkan anggaran untuk hal tersbeut. Jika meang hal tersebut banyak memberikan manfaat, tentu kita akan mampu mengupayakan anggarananya, baik  dari kementerian maupun dari diri kita sendiri.

Selama ini bidang pengabdian kepada masyarakat rupanya menjadi terkalahkan oleh bidang lainnya, meskipun sesungguhnya untuk bidang ini  kita memang ahlinya, terbukti dengan peran para dosen kita di tengah tengah masyarakat dalam emmberikan pencerahan dalam bidang ilmu agama islam. Lihat saja pada saat bulan suci Ramadlan yang lalu, hambpir seluruh dosen menjalankan pengabdian kepada masyarakat, namun  sayangnya memang tidak ada  rencana yang matang dalam hal pengabdian tersebut sehingga seolah tidak berbekas sama sekali.

Sesungguhnya kita dapat merencanakan sebuah opengabdian kepada masyarakat dengan  rencana yang terfokus dan  ada  agenda dan taerget tertentu yang dapat dilihat hasilnya. Pnegabdian kepada masyarakat etrsebut juga dapat dilaporkan dalam sebuah jurnal yang nantinya dapat dihargai sebagai karya ilmiah atau karya pengabdian yang memungkinkan untuk mendapatkan nilai plus. Untuk itu sekali lagi kita menghimbau kepada sleuruh dosen untuk menjalankan pengabdian kepada masyarakat secara terprogram dan terncana dnegan baik, sehingga akan menghasilkan  sesuatu yang terukur dan baik pula.

Pengabdian kepada masyarakat etrsebut juga dapat kita kerja samakan dengan pihak lain sehingga ada nilai plus lainnya. Kekurangan kita sesungguhnya ialah bagaimana kita merencanakannya dan sekaligus membuat laporannya dengan baik. Banyak pihak yang tentu akan sangat senang jika dapat bekrja sama dengan pihak universitas dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat dalam banyak bidang. Persoalan  bidang agama  kita menjadi ahlinya dan masyarakat masih sangat membutuhkan sentuhan tangan kita agar mereka  dapat mengamalkan agamanya dnegan benar dan baik.

Pendeknya bidang kerjasama yang selama ini terkesan hanya berhenti di MoU semata, harus kita akhiri karena kita menyadari betapa pentingnya pelaksanaan kerja sama tersebut dalam bidang nyata. Kan snagat rugi sekali jika  sudah bersusah susaha menjalin kerja sama namun kemudian berhenti tidak ada tindak lanjutnya. MoU sesungguhnya merupakan pintu pembuka  untuk  pelaksanaan kerjasama yang produktif dan  sekaligus juga pintu untuk para dosen dan civitas akademika universitas untuk mengembangkan diri serta masyarakat seuai dengan kaidah keidah keilmuan yang kita tekuni.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.