CIPTAKAN SUASANA KERJA YANG MENYENANGKAN

Setelah liburan lebaran, kini kita semua harus sudah emmulai kerja dengan baik sebagaimana sebelum libur. Sudah barang tentu sesuai dengan  tanggung jawab dan kewajiban masing masing, dan tidak boleh lagi menunda nunda pekerjaan. Semakin menunda pekerjaan, maka akan semakin banyak pekerjaan yang menumpuk dan berat untuk diselesaikan. Untuk itulah kita harus bermniat dengan seksama untuk memulai bekerja dengamn  serius agar apapun yang kita jalankan dapt menghasilkan sesuati yang maksimal.

Mungkin saat ini kita masih sedikit “diganggu” oleh suasana halal bi halal, baik yang diselenggarakan oleh kawan ataupun oleh keluarga, namun  semuanya haruslah disikapi dnegan bijak, tanpa harus meninggalkan kewajiban pekerjaan. Jika kita mampu mengatur waktu dengan baik, pastilah smeua akan dapat kita jalani dengan baik, sebaliknya jika kita tidak mampu mengatur waktu, maka semua akan berantakan dan kita akan semakin kesulitan untuk menata pekerjaan serta membagi waktu untuk berbagai hal.

Memang harus diakui bahwa untuk langsung tancap gas tanpa menghiraukan suasana idul fitri yang masih terasakan, kita akan  berat, namun sekali lagi jika kita ada komitmen untuk menjalaninya dengan baik dan  mencoba untuk mengatur waktu yang ada, pastilah  ada jalan keluar yang memungkinkan kita mampu untuk menjalani smeua aktifitas, tanpa harus mengorbankan salah satu aktifitas kita.

Barangkali yang harus kita lakukan ialah bagaimana kita  mengatur suasana ruang kerja dengan l;ebih nyaman dana berbeda dengan sebelumnya. Karena  suasana baru tentu akan memberikan gairah baru dan pekerjaan akan semakin  nyaman untuk dilakukan. Atau mungkin kiga juga dapat mengubah ruangan kerja  dengan  suasana baru yang berbeda sama sekali dengan sebelumnya, karena yang ini mungkin juga akan mampu memberikan tambahan gairah dalam bekerja atau lainnya.

Mungkin  diantara kita sama sekali tidak berpikir bahwa kita sesungguhnya memerlukan suasana baru yang berbeda, akan tetapi sebagian  yang lain mungkin ada keinginan etrsebut namun tidak berani untuk melakukannya. Nah,  sebaiknya semuanya dimusyawarahkan dengan seluruh kawan untuk tujuan tersbeut. Kita sangat yakin jika smeua setuju untuk mengubah suasana kantor dan tempat bekerja, tentulah akan dapat dirasakan manfaatnya secara bersama dan  keinginan untuk menambah gairajh juga akan terwujud.

Kemudian hal yang sangat penting dan jarang dijalankan ialah  menciptakan suasana santai  sekaligus juga  dapat dimanfaatkan untuk membicarakan banyak hal penting dengan santai pula. Terkadang kita  memerlukan suaana santai etrsebut meskipun persoalan yang dibicarakan cukup besar dan penting. Itulah maknanya  lobi  untuk mendapatkan sesuatu yang penting, sebab terkadang ada ide brilian yang munculnya juga lewat suasana santai dan bukan dalam rapat yang serius dan khusus.

Untuk itu sekali lagi kita memang perlu menciptakan suasana yang berbeda dan  lebih menyenangkan serta  dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan ide ide bau yang lebih segar dan baik untuk kemajuan  institusi kita. Kalaupun nantinya ada kritik terhadap cara yang kita gunakan, maka anggap itu sebagai masukan yang  akan menambah bobot kita lebih baik lagi. Kita harus yakin bahwa sebaik apapun sesuatu yang kita jalani, maka  kritik pasti akan muncul dan kita harus mampu menerimanya dengan baik.

Jika kita memang niat baik untuk  menjalankan  kewajiban yang dibebankan kepada kita, pasti kita akan mencari jalan yang terbaik pula, meskipun mungkin  menurut sebagian diantara orang lain itu dianggap tidak baik. Namun yang terpenting ialah bahwa kita harus mampu menunjukkan manfaat yang didapatkan melalui cara yang kita tempuh tersebut. Selama kita mampun  memberikan bukti terbaik untuk semua hal yang kita lakukan, maka kita tidak perlu sungkan atau takut dengan apa yang kita sudah kerjakan tersebut.

Setiap hal pasti ada sisi positif dan sisi negartifnya, sekarang tinggal kita melihatnya. Artinya kalau kita positif thingking, maka semua akan terlihat baik dan bermnafaat, namun sebaliknya jika kita emnggunakan negative thimngking, maka semua akan terlihat buruk, meskipun  sisi baiknya lebih banyak. Kita tidak perlu khawatir dan takut dengan kritik, karena kritik tersebut  diperlukan untuk evaluasi dan penyemanagat kita dalam menjalankan tugas dan kewajiban. Tanpa kritik mungkin kita justru akan dapat terperosok hingga dalam namun kita tidak menyadarinya.

Kembali kepada penciptaan suasana baru untuk menunjang  keberhasilan kerja sebagaimana tersebut, kita juga harus  mampu untuk foku kepada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita, meskipun kita juga dapat melakukan hal hal lain yang tidak menadi tanggung jawab kita, namun  hal yang menjadi tanggung jawab kita harus diutamakan atau dikerjakan terlebih dahulu. Jangan sampai terbalik kita mengerjakan sesuatu yang bukan tanggung jawab kita, dan baru kita menjalankan yang menjadi tangung jawab kita, sebab jika nanti tidak selesai tanggung jawab tersbeut, maka kita akan mempunyai tunggakan dan begitu seterusnya.

Jika kita  pertama kali melakukan sebuah pekerjaan, maka hal pertama yang harus kita lakukan ialah mengenai pekerjaan tersbeut dengan baik dan kemudian berusah untuk menyukainya sedemikian rupa, sebab kalau kita sudah suka dengan p[ekeerjaan tersbeut, maka kita akan dengan senang hati melakukannya dna itulah yang seharusnya kita jalankan. Jangan sampai kita mengerjakan sesuatu karena terpaksa dan tersiksa, karena itu akan emnjadi penghambat terhadap prestasi kita dan bahkan mungkin akan menjadi salah satu penyebab kegagalan kita.

Sebagaimana kita tahu bahwa berat ringannya pekerjaan yang harus kita lakukan itu bukan terletak pada pekerjaan itu sendiri, melainkan justru ada pada hati dan pikiran kita. Artinay seberat apapun sebuah pekerjaan kalau kita sudah suka dan jatuh cinta dengannya, maka semua akan terasa ringan dan menyenangkan, sebaliknya seringan apapun sebuah pekerjaan jika kita tidak menyukainya dan melakukannya dengan penuh keterpaksaan, pastilah akan terasa sangat berat untuk menjalaninya. Karena itulah sekali lagi mari cintai pakerjaan yang dibebankan kepada kita agar semua menjadi santat ringan dalam menjalaninya.

Kalau kita sudah memilih sebuah pekerjaan seharusnya kita harus mampu pula untuk menyukainya, meskipun secara pelan tetapi pasti, karena itulah dunia yang memang akan kita tempati dan gulati untuk seterusnya. Mungkin cara yang kita laklukan berbeda sesuaid engan kondisi masing masing, namun yang jelas harus ada upaya untuk mencintai pekrjaan dan menikmatinya, bukan  mengerjakan dengan keterpaksaan yang hanya akan emnjadi beban bagi kita untuk selamanya saja.

Semoga suasana baru yang sengaja kita ciptakan setelah liburanlebaran kali ini memang dapat membantu kita untuk lebih mencintai pekerjaan kita dan sekaligus juga dapat lebih menggairahkan semangat kita untuk menjalaninya. Kita yakin bahwa jika kita ada usaha dan niat yang tulus, maka smeua yang kita rencanakan pasti akan emndapatkan bantuan dari Allah swt dan kita pada saatnya juga akan mendapatkannya. Amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.