AYO MASUK KERJA LAGI

Libur lebaran dan cuti bersama sudah diberikan dan itu cukup panjang sehingga cukup untuk mudik dan lebaran bersama orang orang yang dikasihi, untuk itu segera kita harus  kembali lagi berkonsentrasi untuk menjalankan tuygas rutin kita sebagai ASN yang memang harus segera kembali lagi pada habitatyang sesungguhnya. Mugkin kalau kita menuruti keinginan dan nafsu kita tentu cuti bersama yng panjang tersbeut masih belum cukup, namun sebagai ASN yang bwertanggung jawab, tentu kita harus maklum dan  kemudian berkomitmen untuk masuk kerja sebagaimana mestinya.

Bagi mereka yang bekerja dalam bidang pendidikan tentu juga harus segera memulai  mendidik dan mengajar kepada para peserta didik dan juga mahasiswa. Mungkin sebagian diantar peserta didik, terutama mahasiswa masih ada yng belum masuk, itu tidak mengapa karena yang terpenting ialah bagaimana kita memberikan contoh yang baik dalam hal disiplin. Kita sangat yakin bahwa sebagian besar mahasiswa juga sudah mulai masuk karena mereka  mentgerti bagaimana seharusnya kuliah dan bagaimana mereka mengikuti saran dan anjuran para dosen agar  segera masuik dalam minggu pertama setelah lebaran.

Apalagi saat ini sudah memasuki kuliah terakhir dan menjelang ujian akhir semester, sehingga kita dengan mudah memnfaatkan kondisi demikian untuk mendisiplinkan mahasiswa. Buktinya pada saat mengakhir kuliah sebelum lebaran, saya membuktikannya sendiri para mahasiswa masih sangat aktif meski-pun pada hari terakhir sebelum cuti bersama. Bagi mereka yang  berposisi sebagai tenaga kependidikan juga seharusnya  sudah mulai masuk pada hari pertama masuk kerja, karena itu juga merupakan penilaian kinerjanya.

Hari kedua sengaja memang dijadikan hari untuk halal bi halal bagai keluarga besar universitas, karena masih sangat dekat dnegan idul fitri sehingga akan terasa grengnya. Kita tahu mungkin sebagian diantara para dosen masih ada yang dikampung karena mudik, tetapi itu tentunya menjadi tanggng jawabnya masing masing, karena kita sudah mengeluarkan edaran untuk masuk kerja pada haris pertama  setelah cuti bersama, bahkan edaran tersbeut dengan meneruskan edaran dari kementerian agar siapapun yang tidak masuk pada hari pertama diberikan sanksi dan tembusannya disampaikan kepada kementerian PAN RB.

Pekerjaan kita sesungguhnya sangat mulia dan karena itu sudah seharusnya ditekuni secara serius. Banyak diantara warga masyarakat yang menginginkan  pekerjaan sebagaimana yang kita dapatkan, namun bagi kita yang sudah memperolehnya kenapa kita harus menyia nyiakannya begitu saja, seolah tidak meraa berdosa dengan meninggalkan kewajiban tersebut. Khusus bagi dosen sesungguhnya ada jam kerja tersendiri yang sangat meringankan dna menguntungkan, namun untuk sesekali ketika ada anjuran untuk masuk kerja dalam waktu tertentu tentunya harus ditatai dan diperhatikan.

Untuk jam kerja dosen sesungguhnya kalau dicermati dan dijalankan dengan sungguh sungguh juga sama dengan jam kerja lainnya, hanya saja  pekerjaan dosen itu harus melakukan persiapan pengajaran, harus melakukan penelitian dan juga pengabdian kepadamasyarakat, sehingga  sebagiannya ada yang harus dilaksanakan di kampus. Sebagiannya lagi dilaksanakan di lapangan dan sebagiannya lagi dapat dijalankan di perpustakaan.

Untuk itu sudah seharusnya para dosen tidak hanya  menghitung hari masuk ke kelas saja, melainkan harus juga menghitung pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya di luar kelas, sehingga akan imbang dan balance serta tidak menimbulkan kecemburuan kepada pihak lainnya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.