HIBURAN DI BULAN PUASA

Para penggila bola tentu merasa senang karena pada saat bangun untuk makan sahur, mereka disuguhi oleh pertandingan di liga champion, meskipun baru semi final, tetapi sungguh sangat menarik dan hasilnya pun juga sangat menarik, karena diluar prediksi banyak orang. Liverpool misalnya siapa sangka dapat membalikkan kondisi setelah tertinggal tiga gol dari Barcelona lagi. Namun siapa sangka Barca dibuat tidak berkutik dan juga bintangnya messi tidak berdaya  saat bertanding di stdion kebanggaan Liverpool Anfield, dan akhirnya harus menyerah empat goal tanpa balas.

Kondisi tesebut sebenarnya tidak wajar karena klub sebesar Barcelona dapat kemasukan goal sebegitu banyak tanpa ada balasan satupun, padahal sebelumnya mereka  sangat hebat, baik saat di laliga maupun di liga Champion, bahkan dicatat bahwa Barceklona sejak awal mengikuti liga champion tahun ini hanya kalah sekali  melawan Liverpool dan langsung tersingkir. Tentu sangat menyakitkan bagi klub sebesar barca  dan juga  bagi para fans yang begitu mengharapan akan membawa pulang si kuping besar, piala liga Champion.

Tidak ubahnya pada pertandingan semi final lainnya, yakni Tottenham hotspur melawan  ajax Amsterdam yang secara lahir ajax akan dengan mudah melumat spur di lapangannya sedniri. Pada babak pertama saja sudah kelihatan bahwa spuir akan keteteran dan sudah tertinggal dua goal, namun siapa sangka pada babak kedua spur justru dapat membalikkan  keadaan dan hanya diborong oleh satu pemain  asal brasil. Ini merupakan semi final yang aneh tetapi nyata dan   mengacaukan banyak prediksi.

Terlepas dari  siapa yang akhirnya menang dan masuk final, tontonan sepak bola dunia etrsebut sungguh memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat terutama di Indonesia yang sedang menjalani ibadah puasa. Bahkan hingga saat ini masih banyak pengamat dan  penggemar sepak bola yang terus membicarakan simi final yang  sungguh sangat tidak masuk akal etrsebut. Tetapi nyatanya dua klub asal inggris lah yang akhirnya akan bertanding di final liga champion.

Sudah barang tentu hamper smeua orang pasti akan menjagokan liverpoll, karena melaihat trend saat ini di liga misalnya keperkasaan liverpoll begitu kentara, meskipun mungkin tidak akan meraih juara karena kalah dengan nilai yang dimiliki oleh menchester city. Sedangkan spur terseok seok, meskipun masih masuk dalam zona liga champion. Bahkan dalam musim ini saja  dua kali bertemu spur juga duia kali kalah dengan Liverpool.

Tetapi siapa tahu juga bahwa kondisi tidak rasional etrsebut masih tetap akan menyertai final champion nanti. Tidak ada yang berani menjamin  bahwa kejaiban akan muncul lagi pada saat final nanti. Pameo bahwa bola itu bundar mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu alasan untuk kemungkinan semua bisa saja terjadi, namun pasti masing masing klub akan berusah sekuat tenaga untuk meraih yang terbaik di eropa. Rupanya liverpoll lebih berpengalaman masuk dalam final karena tahun kemartin juga sudah masuk final, sedangkan spur baru kali ini dapat menginjakkan kaki di final.

Saya memang tidak berkapasitas utnuk menjagokan  klub mana, tetapi saya akan mencoba rasional dengan melihat kenyataan yang saat ini sedang terajdi, yakni Liverpool tentu lebih dijagokan olerh banyak orang.  Kalau dilihat dengan akal sehat tentu itu memang sudah seharusnya, namun tentu juga ada yang menginginkan spur yang akan muncul sebagai juaranya karena bagaimanapun semangat dan daya juang tentu juga akan ikut mempengaruhi hasil akhir sebuah pertandingan.

Memang ada daya tarik tersendiri saat menyaksikan pertandingan semi final kemarin itu, karena ada ketegangan yang luar biasa, meskipun bukan sebagai fans yang mendukung salah satu klub, melainkan serunya pertandingan tersebut. Bagaimana mereka menunjukkan semangat juang yang bagitu fantastis hingga menit terakhir. Mungkin kalau semangat juang pertandingan etrsebut dapat diwujudkan dalam setiap penamp[ilannya di ajang klub dan lioga dalam negeri mereka,  pastinya akan membantu  mereka dalam memenangkan pertandingan yang mereka jalani.

Namun ternyata  semangat tersbeut tidak dapat ditampilkan pada setiap mereka merumput,, karena ada  kondisi yang berbeda antara  pertandingan dalam  negeri dengan memperebutklanpiala yang dalam level eropa dan paling bergengsi. Ajang piala chmap[ion memang sangat diharapkan oleh klub klub  besar karena dianggap paling bergengsi, karena pesertanya juga dari peringkat atas dalam setiap kompetisi dalam negeri masing masing. Dengan menjuarai piala liga cyhampion tersebut disamping akan mendapatkan hadiah uang yang luar biasa banyak, sekaligus juga akan emnaikkan gengsi klub.

Bahkan para pemain kenamaan dan hebat di liga manapun pasti akan berminat untuk bergabung dnegan klub yang mampu menjuarai liga champion tersbeut, celakanya para pemain hebat etrsebut akan hengkang dari klub jika klub tersbeut tidak masuk zona liga champion, meskipun mereka akan dibayar banyak oleh klub, namun kalau merka tidak dapat main di liga champion, kebanyakan mereka pasti akan menolaknya.

Dengan dmeikian ada gengsi tersendiri bila sebuah klub masuk dalam zona liga champion dan pasti akan dicibrid an dijauhi oleh para pemain hebat jika tidak masuk dalam zona tersbeut. Ambil contoh di klub Inggris yang terkenal Menchester united saat ini tidak masuk zona liga champion untuk tahun depan, dan saat ini saja para pemainnya yang bagus bagus sudah ancang ancang akan hengkang, dan bahkan kalaupun ingin merekrut pemain hebat, klub tersbeut pasti akan kesulitan, karena pemain hebat pasti tidak ingin bergabung dengan klub tersebut.

Sepak bole memang hebat dan sudah masuk dalam industry yang snagat menjanjikan. Siapapun yang  mempunyai klub dnegan prestasi gemilang, dapat dipastikan akan semakin naik gengsinya dan akan semakin kaya dengan berbagai sponsor dan  keuntungan lainnya. Namun jika tidak dapat mengelolanya dnegan baik, biasanya akan merosot dan  bangrut serta para pamain bagusnya akan pada hengkang mencari klub lain yang lebih menjanjikan. Mungkin beberapa klub yang gagal melaju ke liga champion namun masih dapat ebrsaing pada tahun depan, sangat mungkin masih  akan mampu untuk menambah daya dobraknya dnegan mendatangkan para pemain hebat.

Klub Real Madrid, Barcelona, Atlitico Madrid,  Juventus, Paris saint Germany, Ajax aamsterdam,  manchester city, dan beberapa klub besar lainnya di German, Italia,  dan Negara lain tentu juga  akan berbenah dan mempersiapkan diri untuk menjalani liga champion  tahun berikutnya. Namun  sebagaimana biasanya para menejerp[un juga tentu akan  sangat mungkin berganti, karena dianggap mampu memberikan harapan yang lebih baik. Tergantung kepada pemilik klub, jika dia menghendaki ada kemajuan dalam prestasi dan dia melihat ada peluang untuk mendatangkan menejer  terbaik, makan tentu juga akan dilakoni.

Kita tunggu babak berikutnya, sambil kita menunggu final piala champion tahun ini, semoga final nanti tidak akan kalah menariknya dengan semi final dan akan menyuguhkan pertandingan yang tidak kalah hebatnya. Kita berharap semangat yang akan ditunjukkan oleh kedua klub tersbeut akan sangat luar biasa sehingga akan dapat menampilkan  sesuatu yang akan membuat kagum  seluruh pemirsa, baik langsung maupun melalui layar tv. Semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.