JANGAN LARUT DENGAN SIKAP DAN PEMIKIRAN ORANG LAIN

Pada saat terjadi kontestasi, apapun bentuknya, biasnaya mereka yang terliobat di dalamnya akan saling berkompetisi dan bahkan terkadang akan saling berlomba. Namun  tentu akan jauh lebih bagus jika masing masing hanya ingin berlomba menjadi yang terbaik dengan melakukan berbagai kagiatan yang positif dan bermanfaat. Akan tetapi akan menjadi lain jika kemudian masing masing saling menyerang dan  membuat kebohongan demi menaikkan posisi dirinya. Pada saat yang dmeikian tentu smeua hal dapat dilakukan, termasuk kalau harus menfitnah dan menyudutkan pihak lain.

Padahal kita tahu bahwa biasanya yang seang berbuat  demikian itu ialah mereka yang  mengalaminya sendiri, yakni pernah berbuat tidak benar dan bahkan  sampai kepada perbuatan yang melanggar aturan,baik aturan hokum yang berlalu maupun aturan hokum agama. Nah, kalau sudah demikian keadaannya, tentu smeua menjadi tidak baik, dan yang terbaik ialah berdiam diri, meskipun mungkin secara lahir akan dirugikan karena pasti akan menjadi obyek untuk dijelek jelekkan.

Namun  satu hal yang harus tetap diyakini dan terus berada dan memenuhi hati kita ialah bahwa  Tuhan  itu Maha Tahu dan tidak akan membiarkan hamba Nya terus menerus difitnah karena hamba Nya tersbeut secara riil selalu berbuat kebajikan. Untuk itu yang harus tetap dipertahqnkan ialah berbuat kebaikan dan terus menuai kebaikan kepada siapapun tanpa  terkecuali dan tidak usah ikutan dalam hiruk pikuk perbuatan posisi tertentu yang harus mengorbankan kepercayana kita kepada Tuhan.

Ibaratnya kalau pun langit akan tuntuh dan smeua orang sudah berlindung di bawah tembok yang kokoh, tetapi ketika kita meyakini bahwa  tembok sekuat apapun patinya tidak akan mampu menyangga langit yang runtuh tersebut, lalu kita lebih baik malah emncari eprlindungan Tuhan dnegan lebih mendekatkan diri kepada Nya dan selalu berbuat baik kepada sesame, pastinya Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita. Kalupun kita harus ikut  keruntuhan langit, tetapi pastinya kita akan  husnul khotimah.

Ingatlah nyanyian yang selalu didengungkan oleh anak anak kita saat menjelang  shalat berjamaah di masjid ataupun mushalla, yakni tobo ati. Artinya tombo ati iku ono limang perkoro, sing sepisan moco alquran sak maknane, yang berartio selalu berdzikir kepada Allah swt, termasuk membaca alqiuran dengan dipahami maksudnya serta kemudian mencoba untuk menjalaninya. Jika ini yang terus dihati dan p[ikiran kita, pastinya kita akan senantiasa mendapatkan hidayah dari Allah swt dan terus bertambah pengetahuan kita dari mengkaji alquran tersebut.

Kaping pindo shalat wengi lakonono. Artinya  menjalankan shalat malam dengan sungguh sungguh terus bermunajat kepada Allah swt  dengan sungguh sungguh. Ikhlaskan semua  hal yang kita perbuat hanya untuk Allah swt, dan mintalah ampunan Nya atas segala hal yang pernah kita perbuat dan tidak patut.  Biasnaya dalam kondisi hening seeprti itu hati akan tergugah sedemikian rupa sehingga pada saat kita memohon ampunan, maka seluruh  jiwa akan tergetar dan terkadang air mata tidak terbendung karena penyesalan yang luar biasa. Dengan mengajekkan shal;at malam tersebut, hati pasti akan terasa tenang karena kita terus bersama Allah  dan  kita yakin bahwa Allah pasti akan menolong kita dalam setiap kesulitan.

Kaping telu wong kang sholaeh kumpulano. Artinya kita harus sering sering berkumpul dan bertemu serta bersikaturrahim kepada orang orang salih. Biasnaya kita  kalau  bersama orang salih akan mudah ketularan  baiknya, dam ketika kita sering bertemu orang buruk perangai, pastyi juga akan mudah ketulusaran keburukannya. Untuk itu sangat dianjurkan kita untuk selalu  bertemu dan  mengunjungi orang orang shalih, agar kita  selalu mendapatkan ketenangan jiwa dan ketenteraman hati. Orang shalih itu dalam setiap perkataannya juga mengandung nasehat baik, sehingga hati  pasti akan tersentuh oleh nasehat yang baik jika sring didengarkannya.

Kaping papat weteng iro ingkan luwe. Artinya  perbanyaklah untuk perihatin, kalau dapat dengan berpuasa, sebab dengan mengosongkan perut, maka akan banyak manfaat yang didapat, akan  menjdai peka terhadap penderitaan phak lain dan juga pasti akan semakin menjadi baik perasaan dan sikap kita. Pernyataan bahwa perut kita harus kosong atau lapar itu bukan berarti kita tidak boleh makan sama sekali, melainkan kita jangan terlalu banyak makan sehingga seluruh tubuh kita akan dipenuhi oleh makanan yang akan meyebabkan lupa kepada Tuhan dan bahkan mungkin akan menadi penyakit.

Dalam kondisi perut lapar, biasanya orang akan mudah untuk mengingat Allah dan lalu mendekat kepada Nya serta selalu ebrbuat kebaikan. Nah, seperti itulah hati dan pikiran kita akan semakin tenang dan bahagia. Segala macam hal yang terkait dengan hiruk pikuk duniawi serta saling mencaci seama tidak akan pernah nyantiol di dalam hatinya. Jadilah dia seorang yang dekat kepada Tuhan dan menjadi orang yang hatinya selalu senang tanpa rasa sedih dan khawatir sedikitpun.

Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe. Artinya kita harus banyak mengingat Allah swt, baik di waktu siang ataupun malam, namun akan jauh lebih menyentuh dan terasa jika hal etrsebut dilakukan pada amalam hari saat banyak manusia sedang tudur nyenayk, lalu kita bermunajat kepada Tuhan dan  memohon ampunan serta diberikan ketenangan jiwa serta dihilangkannya ketakutan dan kekhawatiran terhadap apapun yang bersifat duniawi. Dengan berdzikir tersebut, pastinya hati akan semakin kuat dan tenteram. Allah sendiri dalam kitab suci alquran sudah menjajikan bahwa dengan berdzikir maka hati akan tenang dan tenteram.

Untuk itu jika lima hal ini selalu kita  amalkan dan biasakan, kita yakinn bahwa hati dan pikiran kita akan dapat tenang dan terhindarkan dari segala macam  hal yang mengganggu diri kita. Jika ada pihak lain yang ingin menyerat nyeret kita kepada hal; hal yang tidak baik, kita pun akan dnegan mudah mendapatkan cara yang baik untuk menghindar. Jadi mari teguhkan hati kita dengqn memperbanyak amalan, terutama sebagaimana  yang terdapat dalam  syair nyanyian tersebut yanag tentu merupakan nasehat kepada kita semua untuk menjadi yang baik.

Kembali kepada keteguhan hati kita dan terjauhkan dari ikutan dalam  sikap ataupun perbuatan yang ada di d sekitar kita yang ternayata tidak cocok dengan hati nurani kita, tentu kita juga harus selalu memohon kepada Allah untuk diselamatkan dari perbuatan yang dapat menggerus keyakinan kita dan dapat menyeret kita ke tepi jurang neraka. Sudah barang tentu semua hal yang terkait dengan amalan baik yang  disukai Allah, harus juga kita amalkan dan langgengkan. Insya Allah ketika kita berniat dan menjalankan kebaikan, Allah pasti akan menolong kita.

Hal yang terpenting kita jalankan ialah bagaimana kita tetap berada dalam jalan yang benar yang diridloi oleh Allah swt, meskipun jalan tersbeut tidak disukai oleh banayk orang, karena kita yakin bahwa hanya jalan Allah itulah yang akan menyelamatkan kita, di dunia dan juga nanti di akhirat. Mari kita selalu memohon kepada Allah agar selalu ditunjukkan ke jalan yang benar dan dijauhkan dari jalan yang sesat, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.