JUJUR ITU MAHAL

Kalau KPK mempunyai jargon jujur itu hebat,  kita juga dapat mengatakan bahwa jujur itu sangat mahal, karena tidak semua orang dapat berlaku dan berkata jujur. Kejujuran terkadang sangat mudah untuk ditukar dengan kepentingan, baik karena ada iming iming materi ataupun karena memang didasari oleh sikap tidak suka kepada sosok tertentu.Bahkan terkadang  sesuatu tersebut dapat mengalahkan keyakinannya, sehingga orang yang tidak jujur akan mampu tidak saja mengatakan sesuatu yang tidak semestinya, melainkan juga  mampu untuk mencelakakan pihak lain atau bahkan “membunuh” pihak lain tersebut.

Jadi jika  seseorang akan menghabisi pihak lain tidak hanya sekedar tidak emmberikan dan menyatakan tentang kebaikannya, malahan semau kebaikannya akan dihapus dan dinyatakan sebagai sebuah kelemahan yang terus akan diungkap. Tujuannya sangat jelas bahwa  dia ingin bahwa orang yang dinyatakan keburukannya tersbeut tidak lagi menjadi sosok yang menjadi rival tertentu. Namun terkadang sikap dan perilaku yang dmeikian akan  menggerus dirinya  sehingga malahan  dia akan mengalami sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Jadi jujur itu memang mahal karena  itu berkitan dengan hati dan iman seseorang. Mungkin orang mengira dia mempunyai iman yang baik, tetapi kalau kemudian mudah tergerus untuk sebuah kebohongan dan persengkongkolan jahat, tentu itu berlawanan dengan sikap kejujuran yang seharusnya dijunjung tinggi oleh smeua orang beriman dan bermoral. Jika emosi dan nafsu sudah menguasi jiwa seseorang maka apapun yang ingin diperbuatnya, meskip[un harus bertentangan dnegan aturan agama sekalipun tetaoplah akan dilanggarnya juga.

Seolah mereka yang sudah terkuasai oleh nafsu tersebut sama sekali tidak mengenal agamnya sendiri, bahkan ancaman  dosa dan  adzab sekalipun juga mudah untuk dilupakan atau ditinggalkan. Terkadang kita juga  bingung dengan sikap sebagian orang yang berani untuk berbuat tidak jujur tersebut dengan cara mendhalimi pihak lain, padahal jika  semua jujur, maka  keburukan dirinya jauh lebih besar dan lebih  banyak ketimbang yang didhalimi tersebut.

Menurut saya  jika seseorang mantap dan  sangat mempercayaui keberadaan Tuhan yang Maha Bijaksana dan Kuasa,  maka  tidak ada ada rasa was was atau khawatir dengan  usaha yang dilakukan oleh orang yang tidak jujur tersbeut, karena  semua keputusan ada di tangan Tuhan, dan jika memang Tuhan memutuskan sesuatu tentang diri kita, maka itulah yang terbaik bagi kita. Untuk itu sekali lagi jangan sampai kita  mwenjadi khawatir dengan  rekayasa yang dilakukan oleh mereka yang tidak jujur dan ingin membuat sesuatu yang  dianggapnya dapat menguntungkan mereka.

Kita harus yakin dengan apa yang  menjadi keyakinan dan kebenaran sehingga apapun yang kita jalani adalah yang terbaik bagi semua, bukan hanya sekdar baik untuk diri kita sendiri.  Sekali lagi jujur itu sangat mahal sehingga siapapun yang mampu memelihara dan konsisten dalam  kejujuran, pastyinya akan mendapatkan pahala dan balasan yang sangat  banyak dari Allah swt, karena dengan kejujurannya tersebut terkadang akan mampu menyelamatkan  pihak lain, atau terkadang akan mampu menyibak kebohongan pihak lain atau akan  memperjelas siapakah  mereka dan diri kita.

Jika pihak penegak hokum seperti KPK saja  menyeruikan untuk jujur, ityu artainya kejujuran itu penting untuk sebuah kondisi baik yang ingin dicip[takan. Siapapun dan dalam posisi apapun kalau jujur, pasti  smeua yang ada di sekitarnya  akan aman, bahkan asset asset berharga  juga akan tetap dipertahankan  tanpa kekhawatiran sedikitpun.  Penyimpangan terhadap aturan  dan ketentuan juga tidak akan terjadi, meskipun  menguntungkan dirinya, tetapi itu tidak akan terjadi jika ada kejujuran di dalam diri  orang.

Itulah yang dinamakan sebagai integritas diri yang mestinya harus dipertahankan oleh setiap kita, karena kalau kita mempunyai integrity yang kuat maka apapun iming iming yang mudah dan berada di hadapan kita serta mungkin aman untuk kita  lakukan, tetapi keimanan dan hati nurani pasti akan mencegahnya agar tidak mengambil bagian darinya, karena itu merupakan perbuatan lacur dan pastinya dosa. Jika seseorang emmpunyai rasa iman tebal, pastinya apapun yang bernilai dosa pasti akan dihindari dan jauhi, bukan  malah didekati untuk mengambil keuntungan darinya.

Karena itu jika kita ingin menjadikan lingkungan kita menjadi baik dan tenteram, maka kita harus mengajarkan kepada smeua masyarakat tentang kejujuran tersebut, bahkan kita harus memulai dari diri kita sendiri untuk menjadikan diri kita sebagai teladan.  Anak anak juga harus kita didik dengan didikan kejujuran agar menjadi integrity mereka dan  akhlak mereka. Jangan sampai kita emmbiarkan merwka untuk berlaku tiodak jujur, meskipun hanya untuk sesuatu yang sepele, karena itu akan berakibat terbiasa dan akhirnya akan melakukan ketidak jujuran yang lebih besar lagi.

Keluarga kita memang menjadi benteng yang harus kita perkuat  agar tidak terpengaruh dan kemasukan  virus yang buruk tersebut. Masyarakat memang dimulai dengan individu yang biasanya di cetak dari sebuah kelarga. Karena itulah  menjadi sangat niscaya bagi kita untuk terus menerus  memberikan didikan yang  kuat bagi mereka  dalam hal moralitas dan karakter, sebab  dengan karakter yang kuat dan dengan pengetahuan agama yang cukup, mereka akan mampu membentengi diri dari sikap lacur dan  buruk seperti sikap tidak jujur dan lainnya.

Jujur merupakan sikap nabi yang  memang harus dipraktekkan oleh umatnya, yakni kita semua. Ketidak jujuran  pasti akan mengantarkan  seseorang kepada kondiri yang sangat memp[erihatinkan dalam pandangan agama, dan itu juga pada akhirnya akan mengantarnya ke neraka. Tentu kita tidak berkeinginan bahwa diri kita nantinya akana terjebur ke dalam neraka, melainkan sebaliknya kita iingian sebuah kejujuran karena kejujruan akan mengantarkan kita kedalam kodnisi yang snagat nyaman dan kondisi tersebut akan mengantarkan kita ke surge.

Jika para sahabat Nabi Muhammad saw dahulu selalu mempertahankan  sifat sidiq atau jujur dalam setiap kesempatan dan bahkan  dalam ancaman sekalipun, maka tidak ada alasan bagi kita di hadapan Allah swt nanti juika kita melacurkan kejujuran tersbeut. Nabi telah mengajarkan kepada kita tentang arti sebuah kejujuran, namun kalua kita tidak mempraktekkannya, tetapi malahan menjalankan yang sebaliknya, maka tentu Nabi akan berlepas tangan kepada kita saat hisab nanti. Itulah yang juga harus kita selalu renungkan dalam hidup ini.

Para tokoh dan ulama yang sukses menbangunmasyarakat juga tentu  selalu emmpertahankan sifat jujur tersebut, sehingga kita menyaksikan betapa umat begitu menghargai dan menghormati para tokoh dna ulamanya sedimiian rupa. Tentu ada alasan kuat, bukan sekedar karena segan, mel;ainkan karena memang keteladanan yang mereka  perlihatkan kepada umat begitu nyata dan konsisten antara kata dan perbuatan, terutama dalam hal kejujuran.

Tentu tidak ada  sesuatu yang sempurna di dunia ini, namun jika kita  melakukan sesuatu dengan dasar kejujuran dan keinginan untuk memperbaiki kondisi, maka Tuhan pasti akan menolong kita dalam mencapaian harapan dan cita cita. Semoga  kita akan mampumemasyarakatkan kejujuran di lingkungan kita yang saat ini terasakan sangat mahal etrsebut, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.