JALAN SEHAT HARI ULANG TAHUN UIN WALISONGO

Jumat pagi kemarin kita semua bergembira  berjalan santai dari kampus satu menuju kampus tiga.  Meskipun santai namun cukup berkeringat juga perjalanan naik turun seperti itu, sehingga sesampai di auditorium kampus tiga kita langsung disuguhi  makanan khas, yakni kacang godog,  pisang godog dan juga arem arem.  Setelah itu kemudian disuguhi tembang lagu lagu yang dinyanyikan oleh dosen, karyawan dan juga mahasiswa serta mitra kita dari perbankan.

Hal yang sangat menarik ialah saat pembagian doorprize dari sumbangan banyak pihak, mitra UIN Walisongo, yang jumahnya tidak kurang dari 168 buah. Ada tiga sepeda, ada empat kulkas,  Tv, kipas angin, magic com, dispenser, dan lainnya.   Mereka yang beruntung juga bervariasi mulai dari dosen, mahasiswa, karyawan dan juga dari mitra. Pelaksanaannya sendiri berjalan dengan nyaman dan ramai sehingga memberikan nuanasa menyenangkan kepada semua pihak.

Kebiasaan untuk hidup sehat yang sudah dilaksanakan oleh UIN walisongo yakni pada setiap jumat pagi selalu diselenggarakan senam bersama, ternyata masih meriah jika jalan santai bersama, karena ada nuansa kebersmaan yang menyenangkan.  Saat berjalan menyusuri jalan Hamka memang sedikit harus hati hati, karena kita selalu berada di sebelah kanan ahar tidak perlu menyeberang jalan, dan  yang membuat lebih menyenangkan ialah karena sata jalan menanjak naik, maka sebagian diantara kita ada yang sedikit kelelahan, namun tidak seberapa.

Kita menginginkan bahwa kondisi menyenangkan seperti itu akan selalu tercipta untuk seluruh warga kampus, sehingga akan mendukung pelaksanaan tugas  masing masing.  Kondisi sehat juga selalu diharapkan karena dengan sehat tersbeut segala kewajiban akan dapat dijalankan dengan baik, tanpa harus menunda atau mengurangi porsinya.  Barangkali sering sering dilakukan jalan santai bersama akan lebih menarik dan menyenangkan, terutama jika ada event evena penting yang terkait dnegan kampus atau dengan kegiatan umat muslim.

Hanya saja mungkin kalau keseringan,  doorprize nya tidak sebesar saat ini atau mungkin malahan tanpa doorprize, namun sekedar untuk kebesamaan semata. Jika ada kespehaman diantara semua warga kampus tentu apapun yang diinginkan akan mudah dilaksanakan, meskipun tanpa harus diberi embel embel semacam doorprize atau lainnya.  Namun saat ini  untuk mempertahakan senam setiap jumat pagi saja sudah cukup bagus, dan kita sudah cukup terhibur dengan kegiatan bersama tersebut.

Memang dalam seminggu sekali diperlukan ada saat rileks atau santai sekedar untuk mengendorkan otot otot yang tegang dan juga untuk mengedurkan urat yang mungkin  terlalu capek selama speekan bekerja.  Sesungguhnya semua jenis olah raga yang dapat dijalankan secara bersama dan  dengan penuh kegembiraan juga akan amampu emmberikan suasana yang menambah  kebugaran, namun tidak smeua orang menyukai olah raga  meskipun manfaatnya tidak ada yang menolak.

Memang terkadang untuk sekedar berolah raga kita perlu dipaksa terlebih dahulu agar terbiasa dan tidak malas. Biasanya kalau olahn raga dijalankan secara bersama sama  akan menyenagkan dan menarik minat banyak orang, sehingga apapun bentuk olah raganya akan tetapi dapat dijalankan secara bersama dan menyenangkan, pastilah akan  banyak pengikutnya, meskipun pada awalna kurang diminati.

Sesungguhnya olah raga yang murah meriah dan menyehatkan itu ialah jalan, meskipun tidak banyak menyedot tenaga akan tetapi akan memberikan efek yang sangat bagus dalam kesehatan.  Para ahli pun juga sangat menganjurkan untuk menjalani jalan tersebut, meskipun hanya  dua kali seminggu dengan jarak tempuh sekitar tiga kilo meter atau sekitar perjalanan sekitar 30 menit. Jika dapat dijalankan lebih sering, tentu akan lebih baik, asalkan rutin terus dijalani.

Lebih lebih jika usaia sudah menginjak 60 tahun akan sangat disarankan untuk berolah raga jalan kaki tersbeut, dan tidak disarankan untuk olah raga yang berat berat, seperti bulu tangkis, tenis lapangan, lari ataupun olah raga keras lainnya.  Memang sangat rasional untuk dipikirkan akan tetapi biasanya akan sangat sulit untuk dijalani secara rutin. Untuk itu dengan jalan sehat yang dilaksanakan dalam rangka dies natalis kali ini diharapkan akan mampu menjadi salah satu perqangsang bagi kita untuk memulai dan membiasakan diri untuk jalan kaki, meskipin seminggu sekali.

Bagi yang sudah terbiasa dengan berjalan setiap hari, tentu hal tersbeut menjadi snagat ringan dan mudah dilakukan, akan tetapi bagi yang tiodak terbiasa tentu akan sangat berat menjalaninya.  Sayarat utamanya ialah harus ada kemauan keras dari diri sendiri. Mungkin dapat juga mengajak teman atau keluarga kita untuk meulainya dan emmbiasakannya.  Kalaupun tidak setiap hari, mungkin dapat dimulai dengan seminggu sekali atau seminggu dua kali dan seterusnya.

Jika  sehat itu dikatakan mahal, sesungguhnya tidak dapat dibenarkan secara seratus pe4rsen, karena sehatu itu malahan sangat murah, tetapi kalau sudah kadung sakit, maka untuk menjadi dan kembali sehat memang sangat mahal. Untuk itu jika ini menjadi pengertian dan opemahaman kita, maka menjaga kesehatan itu jauh lebih murah dan baik bagi kita ketimbang mengobati sakit untuk dapat menjadis ehat. Teorinya memang mudah diucapkan, akan tetapi sekali lagi prakteknya memang cukup berat.

Faktor niat dan keinginan untuk terus sehat tentu menjadi factor utama untuk dapat dilaksanakannya jalan kaki tersebut, sebab kalai tidak ada kemauan keras untuk sehat, maka orang pastyi akan lebih memilih tidur atau melakukan sesuatu yang lain. Kita dapat mengerti jika ada orang tidak mau olah raga jalan kaki,  karena dia sudah rutin menjalani aktifitas peekrjaan yang identic dengan olah raga, karena pekerjaannya memang membutuhkan pengerahan  tenaga fisik yang kuat.

jika memang kondisinya demikian, sesungguhnya kita tidak pelu mengajak atau menghikbaunya untuk berolah raga jalan kaki, karena olah raga yang sudah ditekuninya  jauh lebih memberikan penjagaan kesehatan ketimbang yang dilakukan dengan hanya jalan kaki saja. Himbauan  dan ajakan tentu kita tujukan ke[ada mereka yang selam ini tidak melakukan pekerjaan yang identic dnegan pengerahan tenaga sehingga diperlukan olah raga agar badan tetap terjaga kesehatannya.

Dalam pepatah kuno selalu saja diingatkan bahwa  akal yang sehat itu terletak pada badan yang sehat juga, karena itu agar keseluruhan  fisik dan akal pikiran kita sehat, maka  memang harus dipikirkan bagaimana agar kita mampu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan, baik fisik maupun akal kita. Dengan kondisi yang dmeikian kita akan mampu menunaikan tugas dengan baik dan tentu akan menghasilkan sesuatu yang terbaik pula.

Semoga kita  selalu diingatkan oleh Allah swt untuk senantiasa menjaga kesehatan dan tidak lupa selalu memohon kepada Nya agar diberiikan kesehatan dan mampu menjalankan kewajiban dan tugas yang menjadi tanggung jab kita dengan baik serta tidak terseret kepada kemungkaran dan kemaksiatan. Pada akhirnya kita hanya berserah diri kepada Nya untuk yang terbaik bagi kita.

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.