TAKDIR KEMATIAN

Semua orang pasti menyadari bahwa mati itu menjadi urusan Allah swt, dan kita sebagai hamba Nya hanya dapat memohon kepada Nya untuk diberikaan usia anjang, meskipun karena usia manusia sudah ditentukan oleh Nya, maka  sekuat apapun kita memintanya, tentu tetap akan sesuai dengan takdir Nya tersebut.  Cuma kalua kita  terbiasa memohoan dan berod akepad nya, pasti aka nada kenyamanan di dalam hati dan pikiran kita.  Salah satu cara untuk memohon usia [anjang ialah dengan bedoa dan juga berusaha, yakni dengan selalu menjaga kesehatan badan kita.

Usaha dan doa itulah yang selalu diajarkan oleh agama kita agar kita tidak hanya  mngandalkan  pemberian Tuhan, melainkan juga ada usaha dari kita untuk  emwujudkan keinginan kita tersebut. Namun dmeikian kalua misalnya  titi mongsonya sudah sampai kita juga harus menerimanya dengan tulus dan  tidak perlu menyesali apapun.  Untuk itulah sejak saat ini seharusnya kita sudah siap menghadapi takdir kematian tersebut, yakni dengan memperbanyak amalan untuk bekal di akhirat nanti. Tuhan pasti tidak akan memberitahukan kepada kita  tentang kematian tersebut, terkecuali apabila kita menyadarinya sendiri, seperti ketika kta diberikan sakit atau lainnya.

Namun ada kalanya juga orang meninggal dunia tanpa didahului oleh sakit, melainkan langsung saja Tuhan mencabut nyawanya melalui malaikat izrail.  Tentu jika kita sudah siap sejak saat ini dengan selalu melakukan yang terbaik, pasinya kita sudah siapa kapan saja   usia kita  telah habis dan kita harus mengalami perpindahan alam untuk se;anjutnya me ghadap kepada Tuhan. Beruntung bagi mereka yang menyadari hal ini dan lalu menjalankan persiapan me yongsong keatian tersebut, meskpun usia masih muda, karena jatah usia kita tidak harus tua, sebab sudah banyak pula yang meninggal dunia dalam waktu usia muda.

Ada orang yang tampak segar bigar dan menjalankan akgifitas sebagaimana biasanya, tiba tiba langsung saja meninggal dunia tanpa sebab, meskipun pasti ada  pendahuluannya, seperti sakit sesak nafas atau kesulitan nafas dan terkena serangan jantung dan sejenisnya. Namun yang tampak kasat mata ialah dia tidak mengalami sakit sama sekali dan tiba tiba saja meninggal dunia.  Karena itulah seharusnya semua aitu menjadi renungan kota untuk bersiap setiap saat untuk menyambut kedatangan malaikat izrail untuk mencabut nyawa kita.

Semua kita tentu juga berharap bahwa pada saat nanti mengakhiri hidup di dunia ini  berlangsung dnegan nyaman dan husnul khatimah serta banyak persiapan yang sudah kita lakukan sehingga di alam akhirat nanti kkita akan tetap dapat menikmati hasil perjuangan kita saat di dunia.  Karena itu malang benara nasib orang oang yang sama sekali tidak mau mengingat kematian, dan kemudiantiba tiba mengalaminya dengan tanpa persiapan apapun, ehingga  dia pasti akan snaat rugi dan mungkin juga akan mendrita di akhirat, apalagi kalau sama sekali tidak membawa iman dan amalan baik.

Kita baru saja diingatkan oleh Allah swt bahwa salah satu kawan kita yang bebrapa waktu lalu masih bercanda dan bersendagurau dengan kita, tiba tiba  sudah menjemput takdir kematiannya, dengan  hanya didahului oleh sesak nafas sebentar lalu menghembuskan nafas terakhirnya. Beruntung saat ini kita masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk teap berada di dunia ini, untuk itu kita harus memnafaatkannya untuk kepentingan diri kita sendiri dan juga untukmengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia.  Pengingatan Tuhan kepada kkita tersebut merupakan anugerah yang paling besar karena kita  masih mampu untuk mempersiapkan diri menyongsong alam akhirat yang abadi tersebut.

Bahkan sesungguhnya setiap saat kta juga sudah di;eringatkan oleh Tuhan, yakni melaljui pemeritaan tentang banyaknya persoalan yang menimpa manusia, apakah itu kecelakaan yang mengakibatkan kematian, ataukah musibah yang menimpa manusia dan lainnya yang setiap saat dapat kita dengarkan melalui media, dan itu semua menjadi peringatan kepada diri kita. Namun jika kita tidak merasakan ada peringatan, maka itu pertanda buruk bagi kita yang terus asyik dnegan persoalan duniawi sampai ajal menjum;put diri kita.

Ya Allah terima kasih Engkau telah mengingatkan aku dengan kejadian demi kejadian sehingga aku dapat mengingat Engkau lebih banyak dan selalu memohon kepada Mu agara aku diberikan kemudahan dalam mejalani kehidupan duia serta di tu jukkan kepada keberan yang hakiki  dan diberikan kemampuan untuk mengikuti kebenaran etrsebut, serta dijauhkan dari keburukan dandiberikan kekuatan untuk menjauhinya.  Aku sangat percaya  bahwa takdir Mu pasti terjadi, dan jadikanlah takdirku sebagai sebuah kebaikan dan kebahagiaan, saat di dunia maujpun saat datangnya  ajal sefta di akhirat nanti.

Biarpun dunia akan membenci diriku agau membulli dirikua karena me yembah Mu maka aku tidak akan bergeming dengan keyakinanku bahwa hanya Engkaulah yang harus aku sembah dan nomor satukan dalam segala hal.  Ampunilah kesalahan dan kekhilafanku manakala saja terkadang melupakanmua= dan lebih cenderung memeenangkan kepentingan duniawi. Aku berjanji untuk lebih mengutamakan Engkau dan menomor sekiankan lainnya.Aku menyadari bahwasemua yang Engkau kehendaki pasti akan terjadi dalam waku yang singkat. Jadi sekali lagi amphnilah semua kesalahan dan dosaku yang pernah melupakan Mu dan tidaka memperhatikan panggilan Mu.

Sungguh Maha Besar Engkau ya Allah yang telah memberikan anugerah kepada manusia dengan segala kepentingan mereka dan  ada diantara mereka yang ingkar kepada Mu dan sebagiannya lagi terus mengingat Mu.  Aku merupakan bagian diantara mereka yang ingin terus mengingat Mu  dan mendapatkan anugerah dari Mu serta diberikan   kemudahan demi kemudahan dalam menempuh hidup di diunia seta diberikan takdir yang  baik.  Aku snagat mepercayai Mu dan tidak akan pernah mengingkari Mu sedikitpun karena aku tahu jika akua berbuat dmeikian berate aku akan mendapatakn pendritaan yang tiada akhir.

Karena itu jangan lupakan diriku sedetikpun untuk melupakan Mu. Ha ba ini  merupakan  bagian dari mereka yang selalu ingin mendapatkan karunia Mu dank arena itu aku tidak mau dianggap sebagai hamba yang tidak tahu diri. Hanya saja   keinginanku untuk mendpatakn karunia Mu tentu  tidak mungkin tercapai jika Kau tidak menjadikan diriku ini selalu ingat  dan berdzikir serta melakukan amaan terbaik.  Karena itu ya Allah berukanlah kepadaku  kekuatan untuk menjalani itu semua dan jauhkanlah godaan dariku yang akan me njauhkan diri ku  dari mengingat Mu.

Hamba Mu ini memang tidak mampu merangkai kata kata yang manis namun  hamba ini sangat percaya bahwa isi hati ini pasti akan Kau ketahui dan  Engkau Maha mengabulkan doa hamba yang selalu rindu.  Untuk itulah abulkanlah smeua harapan hamba ini khususnya yang terkait dengan  menjalani kehidupan di dunia yang penuh dengan  persoalan, dan jadikanlah  hamba ini sebagia hamba yang sabar dan selalu taqwa dalam kondisi bagaimana pun. Amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.