TEKNOLOGI YANG MENYESATKAN

Sesungguhnya teknologi itu merupakan makhluk biasa yang netral. Kebwradaannya justru akan membawa kebaikan jika mampu menyikapinya, tetapi meang sebaliknya akan membuat menderita jika salah dalam menyikapinya. Teknologi apapun pasti akan  mengikuti orang yang mengioperasiokannya; apakah akan dibuat untuk kebaikan dan kemanfaatan ataukah sebaliknya untuk tujuan menyengsarakan pihak lain.

Karena teknologi itu merupakan makhluk yang netral, maka kita tidak boleh menyalahkannya tanpa dihubungkan dengan orang yang menjalankannya. Ibarat HP itu  terserah sepenuhnya kepada orang yang mempunyai dan memegangnya. Jika orang menghendaki HP tersebut dapat dijadikan salah satu penagkat untuk menipu atau untuk menghancurkan pihak lain, namun jika orang yang mempunyai atau mengoperasionalkannya tersebut  berkinginan baik dan duigunakan untuk kebaikan, maka HP tersebut akan mampu memberikan kemudahan dan memberikan kemanfaatan yang besar juga.

Saat ini lagi booming penggunaan HP untuk WA dan dibnuat group group untuk memudahkan memberikan dan mengakses informasi. Namun sama saja  bahwa karena  WA itu juga produk  teknologi, maka  jika dijalankan dengan baik, akan memberikan manfaat yang besar dan jika tidak maka justru akan emberikan kerugian yang besar pula. Bayangkan saja jika dalam WA tersbeut dimuat fitnah kepada seseorang, maka bagi yang difitnah itu merupakan  sebuah pukulan telak yang menyakitkan, meskipun mungkin bagi orang lain tidak terasakn apa apa.

Kita juga menyaksikan ada orang kawan yang sebelumnya baik baik saja bahkan hubungannya melabihi hubungan  persudaraan, namun gara gara WA yang tidak benar dan  menyangktkehormatannya, lalu persahabatan etrsebut langsung hilang dan terjadilan permusuhan yang sangat  luar biasa akibatnya. Jadi HP dalam program WA misalnay kalau digunakan untuk hal hal positif dan menguntungkan, pastinya akan dapat memberikan kenyamanan tetapi  jika sebalinya justru akan menjadi neraka yang paling panas.

Semua orang saat ini juga sudah mengerti dan mengenal internet yang tentu dapat dijadikan sebagai sarana untuk memudahkan mencari informasi tentang berbagai hal. Bagi mereka yang berbisnis atau bejualan sesuatu, maka internet dapat digunakan sebagai sarana untuk memasarjkan produknya dan  tanpa harus mencari tempat untuk menjual, orang pun akan dengan mudah menjual barang atau mendapatkan barang dengan lebih cepat dan mudah. Namun tidak sedikit pula yang kemudian terjebak dalam kungkungan internet dan  suliot untuk keluara dari jebakan tersebut.

Terkadang orang juga  terjerembab ke jurang kenistaan yang sngat dalam akibat tanpa control dalam menjalankan internet tersebut,  sebagaimana kita tahui bahwa internet menawarkan semua hal dari yang  sangat sopan sampai dengan hal hal jorok dan melanggar etika. Orang yang sangat alim sekalipun jika bebas dalam mengakses internet, apalagi kalau sudah masuk kepada situs situs porno, maka bukan tidak mungkin dia akan terseret ke dunia tersebut tanpa menyadarinya sampai pada saat dia  jatuh terlalu dalam baru ingat posisinya.

Jika orang tua tidak awas dan tidak menasehati anak anaknya, juga sangat mungkin anak anak tersebut dapat terjeruimus ke dalam dunia yang sama sekali tidak pernah dibayangkannya. Bahkan pelajaran sekolahnya juga akan sanggup diotinggalkannya, demi kesenangannya pada duinia maya yang telah membiusnya sedemikian rupa.  Untuk itu mumpung belum terlambat bagi kita, mari kita sadari dan ingatkan anak anak kita untuk tidak terlalu jauh masuk dalam dunia internet. Khusunya terkait dnegan situ situs yang idka boleh diakses oleh mereka.

Kalaupun kita sudha memproteksi anak anak kita dengan belajar agama, semisal melaluipesnatren kilat saat ramadlan, namun jika setalh itu dalam waktu satu tahun kita biarkan dia berhubungan dengan dunia maya tanpa control, jangan salahkan siapa siapa kalau kemudian ternyata anak tersbeut menjadi lain dan berai menentang orang tuanya karena lebih patuh kepada  apa yang dilihatnya di situs internet yang dianggap lebih memberikan jawaban atas keresahannya selam ini.

Karena itu kita dapat membenarkan  di beberapa pesantren dan sekolah yang mengharamkan siswa nya untuk memegang Hp, dan jika ketahuan membawanya maka akan diberikan sanksi hukuman yang berat. Mungkin sebagian orang tua  menyayangkan hal tersbeut karena mereka akan kesulitan untuk berkomunikasi dnegan anak anaknya, tetapi demi keamanan dan pembinaan kepada anak anak, pihak pesantren atau sekolah tentu sudha emikirkan hal etrsebut dan lebih memilih  keamanan para siswanya ketimbang mempertimbangkan persoalan komunikasi tersebut.

Toh untuk berkomunikasi masih diberikan kesempatan melalui Hp atau telpon yang dipegang oleh para pengurusnya atau guru di sekolah sehingga  sekaligus sebagai control kepada siapa anak anak menghubungai via telapon. Teknologi yang dibiarkan atau dipakai secara liar memang akan sangat merugikan tidak saja bagi  pemiliknya, melainkan juga kepada orang di sekitarnya. Pendeknya tenologi, apapun bentuknya pasti hanya akan berfungsi baik jika dijalankan dnegan baik dan begitu pula sebaliknya akan berfungsi jelek jika dimaksudkan untuk kejelekan.

Karena itu sekali lagi siapapun kita memang harus  waspada dengan makhluk yang bernama teknologi tersebt, meskipun tidak harus dibenci, karena manfaatnya juga pasti sangat banyak dan memudahkan kepada kita untuk kepentingan  yang baik.  Dengan teknologi tersebut akan emmbantu kita untuk mendkatkan jarak tempuh yang sebelumnya sangat jauh dan tidask terjangkau. Dengan teknologi itu pulalah kita akan mampu mendapatkan informsis penting yang sangat kita butuhkan dalam waktu cepat dan juga akurat.

Jadi jangan sekali kali kita membenci teknologi jika kita belum ammpu untuk mengendalikannya untuk hal hal positif dan menguntungkan.  Artinya kalau kita hanya mengetahui sisi huruknya, seaiknya kita  mempelajari lebihn vermat lagi untuk mendapatkan sisi sisi positifnya sehingga kita akan dapat menyikapinya dengan tepat dan tidak serta merta membenci dan menjauhinya. Jika kita melihat ada yang  menjauhkan  anak anak dari teknologi tersebut, tentu ada maksud baik dalam mendidk dan menjakan  mereka dari pengaruh buruknya dan bukan dalam asrtio ingin  menyingkirkannya dari  dunia ini.

Kita boleh tidak menyukai teknologi karena akibat yang ditimbulkannya, tetapi kta jangan sekali kali membencinya untuk  apapun, karena ada sisi positif yang dapat digali dan manfaatkan untuk kepentingan hidup kita di dunia ini.  Sadar atau tidak kita sesungguhnya sudha terbentu oleh teknologi dalam mengaruingi hidup di dunai ini, karena banyak hal yang dioperasikan dengan bantuan teknologi tersebut. Jika kita naik mobil untuk menuju ke suatu tempat, maka itu juga  manfaat teknologi, apalagi kalau kita naik peswat terbang, pastinya kita  terbantu oleh teknologi, walaupun kita sama sekali tidak menyadarinya.

Bahkan saat ini santai santai di ruah kemudian melihat dan menonton televise, maka itu juga berkat teknologi, bukan sama sekali tidak terkait dnegan teknologi.  Karena itu sekali lagi jangan sampai kita asing dnegan teknologi yang hanya akan embuat diri kita kesuklitan tersendiri. Peranghkat alat ruimah tangga seperti  lemario es atau kulkas, atau perkakas lainnya yang saat ini sangat jmudah untuk melakukan sesuatu, itu smeua adalah produk teknologi yang tidak dapat kita pungkiri.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.