TERASA PLONG

Alhamdulillah smeua hal yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi institusi telah berakhir, dan smeunya telah berjalan dengan bagus, kita tinggal berdoa, semoga hasilnya juga menggembirakan. Usaha yag telah kita lakukan sesungguhnya sudah maksimal dan  berbagai upaya persiapan dan pelengkapan serta penyempurnaan yang terkait dnegan dokumen dan hal lainnya juga sudah kita upayakan maksimal.  Namun sekali lagi hasil akhirnya masih harus kita tunggu untuk beberapa waktu lagi, dan selam menunggu tersbeut sebaiknya kita terus berdoa memohon kepada Tuhan agar mendapatkan  nilai unggul.

Bagaimanapun juga saat ini kita sudah merasa plong meskipun masih harap harap cemas karena hasilnya belum kita ketahui, tetapi secara umum semua  yang selama ini menjadi beban, telah sleesai kita jalankan, sehingga secara keseluruhan kita sudah terlepas dari beban berat yang selalu menggelayuti diri kita.  Tentu akan lebih plong lagi jika nanti nilai sudah keluar dan kita mendapatkan  nilai unggul. Sudah saatnya kita  memang berpasran diri sepenuhnya kepada Allah swt karena telah selesainya visitasi akreditasi tersebut.

Tentu ada banyak pelajaran yang dapat kita petik, utamanya yang terkait dengan hal hal baik yang perlu kita pertahankan untuk kebaikan kita selanjutnya. Kita juga tahu bahwa pada saat pelaksaan visitasi oleh asesor BAN PT kemarin itu banyak observer dari perguruan tinggi lainnya yang mengikuti acar tersebut dan tentu mereka  akan mengambil sisi sisi positifnya agar pada saat mereka juga divisit nanti akan dapat terlaksana dengan lebih bagus. Tecatat dari bebera universitas, seperti UIN Bandung, UIN Surabaya dan beberap apihak lainnya.

Karena itu kita memang  menampilkan yang terbaik yang dapat  kami lakukan, bukan semata karena dilihat oleh banyakmpihak, melainkan memang sudah seharusnya kita lakukan, karena kita ingin menampilkan yang terbaik dengan harapan mendapatkan nilai yang terbaik pula. Hal terpenting yang sudah kita lakukan ialah penyiapan dokumen yang lengkap terkait dengan  standar yang ditetapkan oleh BAN PT dan kita upayakan  menjalankan menegemen dengan baik pula, tanpa harus melakukan  hal negative seama sekali.

Beberapa kali kita juga sudah melakukan  simulasi terkait dengan pelaksanaan asesemen lapangan tersebut dnegan menghadirkan asesor external dan juga asesor internal yang kita punya, meskipuin hasilnya belum maksimal namun kita optimis pada saatnya akan  dapat maksimal.  Dan Alhamdulillah pada saat visitasi kemarin itu kita sudah maksimal sehingga kita menjadi semakin optimis bahwa kita akan mendapatkan hasil maksimal pula.

Memang ada beberap pihak yang  belum terlalu memahami  apa maksud kita  melakukan  maksimalisasi di smeua sector, namun rupanya  dalam  pelaksanaan visitasi tersebut, akhirnya pihak pihak tersebut dapat ikut dalam irama uyang kita inginkan, sehingga kita semakin optimis  terhadap hasil visitasi kemarin. Tentu kita  harus mengucapkan  terima kasih kepada smeua pihak yang telah mendukung sukssnya pelaksanaan visitasi tersebut, utamanya  seluruhn keluarga besar UIN Walisongo, para alumni, para pengguna dan juga p[ihak lain.

Kepada para asesor kita juga sangat perlu mengucapkan terima kasih karena telah menjalankan visitasi dnegan baik dan memudahkan kepada kami untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Namun tentu kami harus meminta maaf juga kepada smeuanya karena mungkinmasih dirasakan ada kekurangan yang dirasakan, karena itu smeua merupakan kelemahan sebagai manusia, namun sesungguhnya kami sudah berupaya maksimal untuk  mengurangi kekurangan yang mungkin timbul.

Barangkali beberapa hari terakhir ini diantaran kita yang  kurang peduli terhadap kaluiarga karena konsentrasi kepada visitasi tersebut, atau mungkin kurang mesra dengan keluarganya dan lainnya itu semua  kita sadari dan saat ini semuanya sudah akan dapat kembali normal. Karena itu atas nama pimpinan di UJIN ini kami memohon maaf atas kekurang nyamanan tersebut. Kita sama sama tahu bahwa semua itu kita jalankan demi institusi kita dan khususnya demi untuk  masa depan  para mahasiswa kita serta alumni.

Barangkali untuk sementara waktu kita dapat beristirahat dari kerja berat, namun bukan berate dapat bekerja dengan santai dan seenaknya saja, melainkan  tensi kerja kita dapat sedikit kita turunkan agar tidak terjadi kesepanengan yang akan mengakibatkan ketegangan yang akhirnya dapat memicu sebuah penyakit. Tentu kita smeua paham bahwa  setelah selesainya sbeuah gawe besar kita akhirnya dapat ebrnafas lega dan ibaratnya telah selesai menjalani  peperangan dan kemudian dapat istirahat dari perang.

Sebagai  pegawai yang baik tentu kita tidak akan melupakan  kewajiban yang menjadi tangung jawab kita, namun kalau hanya sekedar menurunkan tensi kerja kita untuk beebrapa hari kedepan setelah selesai menjalani sebuah kegiatan yang menyedot energy banyak, tentu tidak menjadi masalah, asalkan tidak berlarut dan keenakan, melainkan hanya sekedar istirahat secara wajar. Mungkin semua orang juga memerlukan hal tersebut untuk sekedar memulihkan energy yang sudah terkuras sebelumnya.

Saat ini kita juga harus mengembalikan semuanya sebagaimana mestinya, utamanya yang terkait dengan berbagai dokumen yang diperlukan saat visitasi agar masih tetap dapat dipelihara dnegan baik. Jangan sampai justru kita beruforia dan melupakan beberapa dokumen penting setelah dipakai.  Kebiasana mengabaikan dokumen tersbeut memang terasakan, namun kita tidak akan mau melakukan hal etrsebut karena kita sudah menyadari betapa pentingnya dokumen yang terkait dengan institusi kita.

Kita sudah dapat lega karena beberap kelengkapan yang sebelumnya tidak lengkap saat ini sudah tampak lengkap, seperti  berbagai petunjuk teknis terkait dengan arah jalan dan jalur evakuasi yang memang dibtuhkan oleh siapapun, jalur evakuasi dan beberapa jalur defabel seluruhnya kita sudah  punya dan  itu sangat membantu kita pada saat tertentu.  Kita juga sangat beruntung bahwa kebersihan saat ini sduah relative membaik dan tidak didapati sampah yang berserakan tidak beraturan.

Kondisi seperti saat ini memang selalu kita impikan dan karena itu kita harus tetap menjaganya  tanpa kenal lelah atau bosan. Kebersamaan dan  saling kerjasama juga harus tetap kita pertahankan sedemikian rupa agar tidak kembali kepada kondisi abnormal lagi.  Jadi cukup banyak keuntungan kita setelah menjalani visitasi akreditasi institusio kali ini, sebagaimana tersebut. Akan tetapi memang ada segi yang perlu segera untuk dibenahi terkait dnegan masih adanya pihak yang belum  paham terhadap  apa yang kita jalani sehingga seolah mereka itu tidak peduli dnegan visitasi tersebut.

Namun bagaimanapun secara keseluruhan apa yang sudah kita lakukan dan jalani bersama selama pelaksanaan visitasi telah membangkitkan semangat kita untuk selalu menjadi yang terbaik. Itulah semangat yang sungguh sangatbkita hargai dan terus dipertahankan, karena berawal dari semangat seperti itulah kita akan mampu membangun peradaban yang baik dan membangkitkan  kebaikan demi kebaikan di lingkungan kita.

Kita sangat yakin bahwa ke depan kita pasti akan semakin membaik dan kibnerja kita juga akan semakin meningklat serta kepeduilian kita terhadap lingkungan juga akan semakin bagus.  Semua itu harus kita apresisasi dan sekaligus juga kita upayakan  perwujudannya di masa mendatang, semoga.

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.