SEPAK BOLA YANG MEMPENGARUHI KEHIDUPAN DUNIA

Bagaimanapun kita tidak dapat memungkiri bahwa sepak bola sudah menjadi olah raga yang paliong popular dan sudah berada di hati masyarakat.  Dengan begitu kita memang tidak dapat mengelak jika suatu saat ada orang yang  dapat meninggalkan kesenangan dunia hanya karena sepak bola.  Mungkin juga akan  muncul orang berpisah dari pasangannya gara gara sepak bola.  Saat ini sudah muncul orang tega  menghabisi nyawa pihak lain hanya disebabkan oleh sepak bola, orang juga mampu menjarah milik orang lain karena bola dan masih banyak lagi kejadian memiliukan hanya disebabkan karena bola.

Jika ada orang  mencintai sebuah klub bola tertentu, dia akan dapat menjual rumahnya, demi kecintaannya kepada bola.  Sebaliknya dia juga dapat membabi buta dan mengamuk hingga membunuh orang karena bola juga.  Saat ini jarak antara tempat tinggal dengan penyelenggaraan pertandingan sepak bola sudah tidak lagi menjadi masalah.  Berapapun harga tiket masuk stadion juga bukan lagi menjadi kendala. Namun sayangnya  mereka terkadang tidak bersikap rasional.  Artinya maunya hanya menang dan menang saja tanpa mau menyadari bahwa  setiap weprtandingan itu pasti ada yang memang dan ada yang kalah.

Biasanya kalau klub kesyangannya menang, pastinya  ungkapan kegembiraan pasti akan menghiasi seluruh hidupnya, tetapi sebaliknya jika klub kesayangannnya kalah, apalagi kalau kekalahan tersebut dari klub kecil yang dianggap dengan mudah dikalahkan, pastinya mereka akan mengamuk dan melakukan apa saja yang terkadang juga akan dapat merugikan diri mereka dan pihak lainnya.  Ketidak konsisten dan rasionalan merka itulah yang masih menjadi ganjalan, karena sebuah klub betapapun hebatnya, pasti suatu saat pasti akan mengalami kekalahan.

Nah, kalau mereka berlaku rasional tentunya bukannya akan marah saat klub kesayangannya kalah, melainkan justru akan memberikan semangat agar mereka bangkit dan memenangkan  pertandingan berikutnya.  Namun dmeikian memang tidak semua supporter akan berlaku demikian, karena masih ada juga diantara mereka yang tetap setia memberikan dukungan, meskipun klub sedang  kalah dan banyak masalah di dalamnya.

Demikian halnya dengan  kedudukan seorang manager atau pelatih dalam sebuah klub, terkadang mereka akan sanagt dipuji bilamana menujukkan kemajuan dalam hasil yang dicapai, tetapi tidak sedikit juga para menejer yang ditundung dan direkomendasikan untuk dipecat, karean dianggap menjadi biang kekalahan dmei kekalahan, meskipun dia mempunyai trek record cukup bagus sekalipun.

Apa yang baru saja dialami oleh pelatih dan menejer Manchester United jose Mourinho, lelaki  asal Portugal tersbeut akhirnya didepak dari kursi kepelatihan MU setelah banyak mengalami kegagalan dan melenceng dari  ekspektasi klub.  Terakhir sebelum dipecat Mu kalah  dari rivalnya  Liver pool, bahkan perbedaan nilai yang diraih hingga 19 point.  Dengan kesabaran yang selama ini sudah ditunjukkan oleh pemilik klub rupanya tidak sebanding dengan hasil yang diharapkan, sehingga terpaksa pemilik klub harus memecatnya.

Memang kemudian ternuyata apa yang selama ini hanya menjadi rumor saja, ternyata menjadi kenyataan, bahwa ada sebagian diantara para pemain MU yang tidak cocok dengan pelatihnya, seperti Paul Pogba yang dengan terang teranagan mengutarakan kesenangannya setelah Mou dipecat.  Beberapa pemain juga sempat terlihat kurang harmonis hubungannya dnegan pelatihnya.  Nah, kalau sudah dmeikian apalagi yang mau dipetahankan? Pastinya kalau dipaksakan bertahan, justru akan semakin runyam kondisinya.

Lalu pertanyaannya ialah akankah MU dapat bangkit di sisi  kompetisi premier legue. Akankah Mu   dapat merangkak dan setidaknya finis di urutan empat besar?  Kita smeua tidak akan pernah tahu karena pengganti Mou juga belum jelas. Banyak usulan mr Alex Fergusson  diminta untuk menajdi pelatih sementara sampai akhir musim sambil menunggu pelatih definitive. Pakah Fergi akan mau menangani klub yang sudah cukup lama ditinggalkannya tersebut? Apakah beliau tidak terlalu tua untuk mejnadi seorang manajer klub besar?

Tenu  maish ada sederetan pertanyaan lainnya terkait dengan masa depan MU tersebut. Sesungguhnya secara teori apapun masih dapat terjadi, yakni kalau hanya ingin finis di urutan keempat saja masih mungkin untuk digapai, syaratnya seluruh pemain harus sungguh sungguh dalam menjalankan perannya dan kemudian muncul sosok berwibawa dan mampu menjalankan program kepalatihan di MU dengan baik.

Sebagaimana diketahui bahwa kompetisi di premier lague saat ini begitu ketat, dan  setiap klub pasti sudah memikirkan hal tersebut.  Kalaupun sampai saat ini ada klub yakni liver pool yang belum terkalahkan, namun kita tidak yakin bahwa Liverpool akan dapat bertahan hingga akhir musim. Manchester city yang awalnya begitu perkasa juga sudah pernah tumbang, dan smeua klub pastinya juga ingin mampu untuk menaklukkan Liverpool sebagai tesm yang  saat ini bertengger di  urutan pertama klasemen sementara.

Kondisi klub yang carut marut pastinya juga akan mempengaruhi keuangan mereka dan dapat dipastiakn pada saatnya akan menanggung kerugian yang besar, apalagi kalau kemudian para pendukungnya pada lari meninggalkannya. Sebuah klub yang  kemudian mampu  bertahan dipuncak sebuah kompetsisi dan apalagi kalau kemudian menadi juara, pasti akan emndapatkan berbagai fasilitas yang memungkinkan klub tersbeut akan bertambah besar.  Arrinya ketika  jaminan keuangan menjadi semakin mudah, maka klub akan dapat emmbeli pemain yang sudah jadi dan menjadikan klub tersbeut akan semakin kuat dan  dalam kompetisi berikutnya pasti juga akan mampu bertahan.

Namun jika menejemennya kirang bagus yakni dana yang didapatkan tidak digunakan untuk menambah keperkasaan klub dengan membeli banyak pemain bagus, justru malah banayk menjual pemainnya yang menjadi andaln, maka jangan berharap klub tersbeut akan mampu bertahan. Bahkan  mungkin  akan jauh merosot, dan akhirnya menjadi terpuruk dan bahkan ditinggalkan oleh para pendukungnya sendiri.  Jadi mengelola sebuah klub sep[ak bole memang sama pentingnya dnegan mengelola perusahaan. Siapa yang pandai mengelolanya pasti akan semakin besar dna beruntung, dan sebaliknya yang tidak pandai mengelola, pasti akan merugi.

Ityu semua adalah gambaran perjlanan klub di  negeri orang. Khususnya di Eropa dan beberapa Negara Asia yang sudah maju sepak bolanya. Sedangkan untuk di neegeri kiat saat ini klub sepak bola juga sudah cukup bagus dan maju, hanya saja belum dapat dikatakan sebagai sebuah harapan sebagaimana perusahaan. Namun militansi pendukung terkadang juga sudah dapat menyamai di luar negweri.  Ambil contoh  saja para bonek yang selalu mendukung klub kesayangannya bahkan hingga  harus melakukan perjalanan panjang untuk memberikan dukungan sat klubnya  bermain di luar kandang.

Kita juga mendengar adanya  supporter yang tega membunuh sesam supporter hanya karena persoalan sepak bola. Namun kita sesunggunya yakin abhwa  jika supporter yang militant, tentu tdiak akan melakukan hal hal bodoh, bahkan hingga menyakiti pihak lain.  Kalau pun harus memberikan dukungan biasanya mereka Cuma dengan suara saja,  Selebihnya biasanya  ada unsur lain yang masuk kedalam lingkran para supporter tersebut yang kemudian menyebabkan kerusuhan dan tawuran.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.