MARI BERSAMA MERAIH KESUKSESAN

Sebagaimana kita tahu bahwa UIN kita mempunyai visi untuk menjadikan UIN Walisongo sebagai perguruan tinggi Islam riset terdepan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan dan perabdaban di tahun 2038.  Kenapa demikian, tentu sudah dibicarakan secara detail dan  melibatkan banyak pihak, dan kita sangat yakin bahwa visi tersebut akan dapat diraih pada saatnya. Untuk itu semua pihak harus menyadarinya dan berusaha untuk mewujudkannya  karena tanpa kerjasama dari semua elemen  warga UIN Waluisongo, maka visi tersebut tidak akan pernah tercapai.

Jangan ada seorangpun yang  mengabqikannya dan sama sekali tidak mempedulikannya, karena itu smeua menjadi tanggung jawab smeua, bukan hanya para pimpinan semata.  Semua tentu harus bersuaha sesuai dengan bidang masing masing, karena tanpa keseriusan kita, maka visi yang bagus etrsebut tetap hanya akan menjadi tulisan yang tanpa makna.  Namun jika kita serius dan berusah semaksimal mungkin untuk meraihnya, pasti akan banyak jalan yang dapat kita lalui dalam upaya mencapai  cita cita luhur tersebut.

Kita juga sudah membuat tahapan tahapan untuk mencapai visi tersebut, yakni sejak tahun 2014 yang lalu saat dimulainya visi, yakni tahapan tahun 2014 hingga 2018 sebagai tahapan pemantapan kelembagaan, yakni  kita sudah meraihnya, yaitu pwerubahan  kelembagaan kita dari IAIN menjadi UIN dan beberapa penguatan lembaga lainnya.  Hal tersebut tentu perl;u kita syukuri bersama, dan tetap harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Lalu tahapan kedua ialah dari tahun 2019-2023, sebagai tahapan konsolidasi menuju universitas Islam riset.  Tentu bersmaan dengan itu kita sudah ingin menjadi universitas yang unggul ditingkat regional Jawa Tengah.

Selanjutnya tahapan berikuitnya ialah dari tahun 2024 hingga 2028 sebagai tahapan penguatan menuju universitas Islam riset tingkat nasional.  Sudah barang tentu dalam  tahapan ini semua pihak harus menyadari pentingnya kita untuk mendudukkan universitas kita sebagai universitas yang unggul di level nasional, buakn hanya sekdar jawa tengah lagi.  Dengan dmeikian kerja keras semua pihak memang harus terus diupayakan, karena tanpa kerja keras semua pihak, pastinya semua harapan hanya tinggal harapan saja.

Setelah itu tahapan berikutnya ialah tajhapan dari tahun 2029 sampai 2033, yakni pengembangan menuju universitas Islam riset di level Asia Tenggara.  Sudah barang tentu  situasi ini akan lebih sulit ketimbang sebelumnya, namun jika tahapan tahapan tersebut sudah kita jalani dnegan baik dan konsisten dalam memegangi semua  regulasi dan  ketentuan yang ada, pastinya  akan lebih mudah.  Sesulit apapun kalau sudah kita persiapkan dengan baik, tentunya akan dapat kita lalui dengan mudah dan berhasuil dengan baik.

Sedangkan tahapan terakhirnya ialah tahapan dari tahun 2034 sampai 2038 yakni  pengakuan  terhadap universitas kita sebagai universitas Islam riset  di tingkat dunia, atau setidaknya  tingkat Asia.  Tentu semua pihak emmang harus meresapi visi ini dengan baik, terleps dari siapapun pemimpin universitas yang ada. Karena itu siapapun pemimpinnya tidak ada yang boleh mengubah visi dan misi tersebut dengan yang lain sebelum tercapai di tahun 2038 nanti, sebab jrcapai, berarti ada pengingkaran terhadap kerja orang terdahulu yang telah bersusah payah untuk merumuskannya dan mengupayakan untuk mewujudkannya.

Menjadi tugas kita semua untuk secara runtut mengupayakan dan merencanakan program program yang sesuai dnegan visi tersebut.  Artinya kalau saat ini kita berada di tahapan  konsolidasi untuk menjadi universitas islam riset, maka berbagai persiapan harus diupayakan sedemikian rupa  agar  benar benar semua hal yang terkait dengan raihan visi tersebut dapat dilakukan dengan baik.  Saat ini tidak ada yang boleh melakukan dan membuat program yang tidak sesuai dnegan tujuan dan tahapan visi universitas tersebut.

Semua kgiatan harus disesuaikan dengan tahapan yang ada.  Berbagai kegiatan tentu boleh direncanakan tetapi yang jharus disadari ialah ada  sambungan atau benag merah dengan  tahapan yang sedang kita lalui.  Dengan  konsisten melakukan hal yang dmeikian, kiranya akan lebih mudah bagi kita untuk merencanakan berbagai program penunjang sehingga apapun yang kita kehendaki insya Allah akan  mudah mendapatkan dukungan dari yang lain.

Bekerjasama itulah salah satu kunci sukses yang bakal dapat kita raih, sebab tanpa kerjasama  dan dengan hanya mengandalkan masing masing individu tentu kita akan sulit untuk meweujudkan keinginan tersebut.  Itulah sebabnya kita memang harus terus berkomitmen bersama untuk terus berusaha mewujudkan visi kita secara bersama sama, bukan sendiri sendiri. Jika sesuatu dikerjakan secara sendiri, mungkin dapat diraih, tetapi harus dengan susaah payah dan lebih banyaknya justru akan sulit untuk diraih, namun jika dijalankan bersama sama, kemungkinan besarnya ialah dapat diwujudkan.

Kita sudah berteklat untuk mewujudkan visi etrsebut di tahun 2038 nanti, dan tentu berbagai pertimbangan sudah disampaikan serta beberapa kegiatan juga sudah dijalankan. Karena itu  satu satunya jalan untuk menuju ke sana ialah dengan kebersmaaan  dan kerja tanpa lelah.  Namun yang tetap harus dijaga agar tidak  cepat bosan dalam menjalankan kegiatan ialah dengan memohon kepada Allah agar semua yang kita lakukan mendapatkan ridlo Nya dan sekaligus dibantu  untuk kesuksesan dan keberhasilannya.

Sebagai umat beragama yang senantiasa menggantungkan semuanya kepada Allah swt, tentu kita tidak akan pernah lupa baha semua  yang kita raih  itu merupakan  keberhasilan yang diberikan oleh Allah dan bukan hanya atas usaha kita sendiri.  Bahkan kita harus mengakuinya  bahwa jika Tuhan tidak menghnedaki, maka smeua tidak akan pernah terqwujud.  Demikian juga dengan tahapan yang sudah kita lalui, yani perubahan kelembagaan  sehingga saat ini kita sudah menjadio universitas, jika bukan atas kehendak Tuhan, pastinya sampai saat ini kita masih belum berhasil.

Untuk itu sekali lagi  dalam upaya mewujudkan tahapan tehapan berikutnya kita tetap harus terus memohon kepada Allah swt agar dimudahkan dan diberikan kekuatan untuk meraihnya serta dihindarkan dari berbagai hal yang dapat menggagalkan dan menjadi penghalang  dalam kebersamaan kita.  Tentu juga harus dibarengi dnegan niat kita yang tulus untuk semua itu, karena itu jangan sampai ada diantara kita yang justru melakukan hal hal yang kontra produktif yang hanya akan menghambat perjalanan kita saja.

Kita santat yakin bahwa dengan kebersamaan dan niat kita yang tulus, pasti Allah swt akan bersama kita dan menolong kita untuk meraih visi tersebut pada saatnya.  Sedikitpun kita tidak pernah meragukan bahwa visi yang sudah kita susun bersama tersebut akan sulit untuk kita wujudkan, karena kita sudah merencanakannya dengan baik dan sekaligus juga sudahmenjalankannya sebagai tahapan awal dan terus bergerak untuk  menjamah tahapan berikutnya hingga saatnya nanti kita  akan dapat mewujudkannya di tahun 2038.

Kita berhaerap  agar semua itu tidak menjadikan diri kita sombong dan  takabur, karena  kalau itu terjadi, maka kita tidak dapat membayangkan apa yang akan terjadi dan menimpa kita.  Raihan apapun, termasuk kesuksesan dalam banyak hal, kita harus tetap rendah hati dan tetap mempercayakan smeua atas kehendak Allah swt.  Dengan demikian kita akan tetap andap asor dan  tetap mulia di mata Allah swt dan juga di mata manusia lainnya, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.