MUSIM PENGHUJAN SUDAH TIBA

Biasanya pada saat musim penghujan tiba, akan banyak nyamuk berada di lingkungan kita, karena itu kita harus mewaspadainya dengan melakukan berbagai upaya agar  nyamuk berdarah tidak akan membahayakan kepada kita dan keluarga. Memang banyak obat nyamuk di pasaran, yang sebagiannya  tetap menjadi obat yang nyaman bagi kesehatan kita, dan sebagiannya lagi justru malah membahayakan kesejhatan kita.  Karena itu yang terpenting ialah bagaimana kita mampu melakukan seuatu agar di lingkungan kita terbebas dari nyamuk tersebut.

Tentu kebersihan merupakan  hal yang harus diprioritaskan, karena dengan  bersiah maka nyamuk tidak akan kerasan dan kita pun akan merasakan kenyamanan.  Namun bukan berarti nyamuk sudah akan pergi dengan sendirinya, melainkan kita juga harus berusha mengusirnya dnegqan cara yang lebih aman bagi kesehatan kita, semisal kita taburkan  aroma wewangian  dalam rumah dan kamr kita yang akan menjadikan nyamuk tidak lagi kerasan atau dnegan cara lainnya.

Demikian juga dnegan air dalam kamar mandi kita yang harus selalu dikontrol dan dikuras atau bersihkan setiap saat, jangan sampai di dalam kolam tersebut hidup telur telur nyamuk yang kemudian berkembang biak dengan suburnya.  Intinya kepedulian kita terhadap kesejhatan yang disebabkan oleh nyamuk harus kita hilangkan dan bebaskan.  Tentu tidak hanya nyamuk, m,elainkan biasanya kalau banyak air itu juga akan  didatangi oleh hewan melata yang juga membahayakan, seperti ular atau jenis makhluk lainnya.

Karena itu selokan air di sekitar kita juga harus kita bersihkan sehingga air akan lancer kengalir dan tidak ngendong di dekat rumah kita atau bahkan malah akan menyebabkan banjir karena aliran air tersendat.  Lebih dari itu sebaiknya pada saat sudah mulai tampak mendung, janganlah kita memaksakan diri untuk kelar untuk keperluan apapun terkecuali untuk hal yang daruratdan tidak dapat ditunda, karena  saat ini hujan biasanya disertai dengan angin kencang yang dapat membahayakan siapapun yang berada di luar rumah, termasuk dijalanan.

Mungkin juga jalan jalan aspal akan tergerus aspelnya dan menyisakan luka jalan dan kemudian akan emmbahayakan pengendara jika melewatinya, apalagi ketika ada air yang mengenanginya, maka jalan yang lubang tersebut sama sekali tidak tampak.  Di maa yang lalu sudah banyak korban  yang disebabkan oleh lubang jalan yang digenangi oleh air tersebut.  Intinya di musim penghujan seperti saat ini kita memang harus relative waspada terhadap segala kemungkinan, karena memang hujan itu dapat membawa rahmat tetap juga sekaligus membawa niqmat atau zadab.

Mungkin untuk sementara ini kita harus berani melarang anak anak kita untuk hujan hujan di lapangan atau jalanan yang merupakan kesukaan mereka, karena di awal awal musim penghujan ini akan banyak hal yang tidakl kta duga tetapi kemudian ternyata mebbuat kita menjadi sedih karenanya.  Biarlah mereka tetap di rumah dengan  belajar atau pun dengan ceriata yang bermanfaat bagi masa depan mereka, karena yang terpenting mereka dapat berada di rumah bersama sama tanpa ada rasa khawatir.

Jika kita terpaksa harus berada di jalanan saat hujan deras melanda, maka kita harus tetap berhati hati dalam menajalankan kendaraan, karena  jika kita terlena dengan keadaan terkadang dapat menjadi penyebab  kesedihan kita untuk masa yang cukup lama.  Sesungguhnya kita tidak ingin menjalani hidup dnegan derita, namun kalau itu sudah menjadi suratan takdir Tuhan, maka harus dijalani dengan penuh kesabaran.  Hanya saja sebelum smeuanya terjadi kita memang harus ekstra hati hati dalam bertindak apapun.

Di beberap titik tempat tertentu setiap hujan pasti akan terganag air atau dengan bahasa lainnya banjir.  Nah, sikap kita jika harus meleqati jalan tersebut, kita juga harus  mempertimbangkannya sedemikian rupa agar kita tidak mengalami kesulitan etrsendiri, karena  dengan banjir yang terjadi tersebut terkadang akan mamp[u membawa kita terhanyut bersama dengan arus air yang sangat deras.  Karena itu jika memungkinkan kita untuk menunggu hingga  agar reda, maka  sikap yang bijak ialah dnegan menunggunya.

Demikian juga ada hal lain yang tetap kita siapkan yakni  lampu darurat sebab seringkali dalam masa penghujan ini listrik menjadi padam. Jika kita memang tidak mampunyai lampu darurat etrsebut, sebaiknya kita menyediakanlilin sebagai penerang jika listrik padam, namun penggunaan lilin tetap harus waspada sebab seringkali penggunaannya tidak hati hati dan tidak diletakkan di benda yang tahan bakar, lalu ketika kita lengah lilin tersbeut justru akan membakar sleuruh rumah kita.

Makanan dan minuman yang siap saji juga harus kita sediakan meskipun tidak harus banyak, karena yang terpenting ialah mampu mengatasi suasana darurat saat smeuanya menjadi sulit.  Banyak oang tidak menganggap smeuanya itu tidak penting dan hanya mengandalkan uang ditangan, padahal ada kalanya uang itu tidak berguna jika tidak ada orang yang menjual sesuatu. Kita memang  sangat berkeinginan mempyunyai uang karena biasanya uang itu praktis untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, namun dalam suasana penghujan seperti ini kita harus tetap menyiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan.

Syukur syukur kita  juga menydiakan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan banyak orang.  Dengan dmeikian juga ada tetangga yang kebetulan tidak mempunyai lilin  pada saat listrik padam, kita dapat membaginya dengan tetangga tersebut.  Demikian juga  jika kesulitan makanan ataupun  minuman dan tidak ada orang yang menjualnya, maka kita pun dapat berbagai dnegan mereka, meskipun hanya berupa mie atau makanan ringan lainnya.  Jadi dalam musim penghujan ini kita sekaligus juga dapat mendapatakan pahala yang berlimpah dnegan sikap kita yang tanggap darurat.

Jangan sampai justru dalam musim ini kita malah mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan kekurang banyak pihak laklu kita menjual sesuatui diluar nalar sehat kita, semacam kita mempersiapkanmakanan dan minuman untuk dijual pada saat sulit dengan harga yang mahal.  Jika kita melakukan hal tersebut, meskipun secara hokum sah, tetapi kita pasti akan mendapatkan dosa karena menyengsarakan orang yang sudah susah.  Marilah menjadi  diri yang bermanfaat bagi orang lain  dan menjadikan diri kita sebagai pihak yang selalu menjadi penolong sesame yang membutuhkan.

Musim penghujan memang sudah menjadi ketentuan Allah swt, dan kita tidak mungkin menolaknya, tetapi kita dapat menyikapinya dengan sikap yang baik, yakni tetap menjalani hidup ini dnegan baik dan melakukan upaya upaya yang memungkinkan kita dapat tetap selamat di masa penghujan ini. Lebih lebih jika kita mampu melakukan amalan yang menyenangkan kepada pihak lain terutama membantu kesulitan mereka.

Justru ketika kita mampu melakukan sesuatunyang akan memunculkan paghala bagi kita itulah yang sebaiknya kita lakukan. Kita sangat yakin bahwa membantu orang yang dalam kesulitan itu jauh lebih baik ketimbang membantu mereka dalam kondisi biasa biasa saja.  Allah juga p[astinya akan lebih menyukai meereka yang mau berbuat kebaikan kepada sesamanya yang sedang dalam kesulitan. Itulah yang seharusnya kita  lakukan dalam musaim hujan yang banyak menyulitkan ini.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.